Senin, 19 Desember 2011

ASPEK PASAR dan PEMASARAN DALAM STUDI KELAYAKAN BISNIS

Pengertian Pasar

Tempat pertemuan antara penjual dan pembeli, atau saling bertemunya kekuatan permintaan dan penawaran untuk membentuk suatu harga

Suatu kelompok orang yang diorganisasikan untuk melakukan tawar menawar, sehingga terbentuk harga

Kumpulan orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanja, dan kemauan untuk membelanjakannya. Sehingga ada 3 faktor utama penunjang terjadinya pasar : orang dengan keinginannya, daya belinya, dan tingkah laku pembeliannya। [Stanton]

Pengertian Permintaan dan Penawaran

- Permintaan : jumlah barang yang dibutuhkan konsumen yang mempunyai kemampuan untuk membeli pada berbagai tingkat harga.

- Penawaran : berbagai kuantitas barang yang ditawarkan di pasar pada berbagai tingkat harga. Dapat dipengaruhi oleh : harga barang-barang lain, biaya faktor produksi, tujuan perusahaan dan tingkat teknologi

Pasar Persaingan Sempurna : jumlah produsen banyak dan kecil-kecil, tingkat persaingan tinggi, produsen dan konsumen dapat menjual dan membeli berapa saja tanpa ada batasan।

Bentuk Pasar Produsen

Pasar Monopoli : jumlah produsen atau penjual tunggal, tidak ada barang substitusi, harga dikendalikan oleh produsen atau penjual.

Pasar Oligopoli : perluasan dari pasar monopoli, penjual dan pembeli sedikit, harga dan jumlah barang yang diproduksi atau dijual ditentukan oleh penjual yang sedikit secara bersaing.

Pasar Persaingan Monopolistik : bentuk campuran antara persaingan sempurna dengan monopoli, ada kebebasan penjual keluar masuk pasar, barang yang dijual tidak homogen, tapi dimiliki oleh beberapa penjual saja।

Bentuk Pasar Konsumen

Pasar Konsumen : pasar barang dan jasa yang dibeli atau disewa oleh perorangan untuk keperluan pribadi

Pasar Industri : pasar barang dan jasa yang dibeli atau disewa oleh perorangan atau organisasi untuk digunakan pada produksi barang dan jasa lain, baik untuk dijual maupun untuk disewakan.

Pasar Penjual Kembali (Reseller) : pasar yang terdiri dari perorangan dan/atau organisasi (pedagang menengah = dealer, distributor, grossier, agent, dan retailer).

Pasar Pemerintah : pasar yang terdiri dari unit-unit pemerintah yang membeli dan menyewa barang atau jasa untuk keperluan pemerintah.

Mengukur Pasar Saat ini

  1. Mengukur Permintaan Pasar Saat Ini
    1. Total Permintaan Pasar
    2. Wilayah Permintaan Pasar
    3. Penjualan Aktual & Pangsa Pasar (Market Share)
  2. Meramal Permintaan Mendatang
    1. Survei Niat Pembeli
    2. Pendapat Wiraniaga
    3. Pendapat Para Ahli
    4. Analisis Regresi
    5. Analisis Trend
    6. Analisis Rantai Markov

Segmentasi, Targeting and Positioning

  • Segmentasi Pasar : didasarkan pada aspek geografis, demografis, psikografis, dan perilaku.
  • Target Pasar : memilih segmen pasar yang dapat dijadikan target pasar (menarik dan prospektif).
  • Positioning : memilih posisi dalam segmen pasar yang dipilih dengan melakukan identifikasi keunggulan kompetitif, memilih keunggulan kompetitif, mewujudkan dan mengkomunikasikan posisi.

Sikap, Prilaku dan Kepuasan Konsumen

  1. Sikap Konsumen
    1. Karakteristik Sikap
    2. Sumber Sikap
    3. Fungsi Sikap
    4. Komponen Sikap
  2. Perilaku Konsumen
    1. Perilaku kasat mata : jumlah & waktu pembelian, karena siapa dan dengan siapa, bagaimana melakukan pembelian.
    2. Perilaku tidak kasat mata : persepsi, ingatan terhadap informasi, dan perasaan kepemilikan oleh konsumen
  3. Kepuasan Konsumen

Manajemen Pemasaran

· Analisis Persaingan

    1. Mengidentifikasi Pessaing
    2. Menentukan Sasaran Pesaing
    3. Mengidentifikasi Strategi Pesaing
    4. Menilai Kekuatan dan Kelemahan Pesaing
    5. Mengestimasi Pola Reaksi Pesaing
    6. Memilih Pesaing

· Bauran Pemasaran Produk Barang

    1. Kebijakan Produk (product)
    2. Kebijakan Harga (price)
    3. Kebijakan Distribusi (place)
    4. Kebijakan Promosi (promotion)

· Bauran Pemasaran Produk Jasa : selain 4 P yang ada ditambah lagi 3 elemen yaitu orang (people), bukti fisik (physical evidence) dan proses jasa itu sendiri (process).

1 komentar: