Pengertian Pasar
• Tempat pertemuan antara penjual dan pembeli, atau saling bertemunya kekuatan permintaan dan penawaran untuk membentuk suatu harga
• Suatu kelompok orang yang diorganisasikan untuk melakukan tawar menawar, sehingga terbentuk harga
• Kumpulan orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanja, dan kemauan untuk membelanjakannya. Sehingga ada 3 faktor utama penunjang terjadinya pasar : orang dengan keinginannya, daya belinya, dan tingkah laku pembeliannya। [Stanton]
Pengertian Permintaan dan Penawaran
- Permintaan : jumlah barang yang dibutuhkan konsumen yang mempunyai kemampuan untuk membeli pada berbagai tingkat harga.
- Penawaran : berbagai kuantitas barang yang ditawarkan di pasar pada berbagai tingkat harga. Dapat dipengaruhi oleh : harga barang-barang lain, biaya faktor produksi, tujuan perusahaan dan tingkat teknologi।
• Pasar Persaingan Sempurna : jumlah produsen banyak dan kecil-kecil, tingkat persaingan tinggi, produsen dan konsumen dapat menjual dan membeli berapa saja tanpa ada batasan।
Bentuk Pasar Produsen• Pasar Monopoli : jumlah produsen atau penjual tunggal, tidak ada barang substitusi, harga dikendalikan oleh produsen atau penjual.
• Pasar Oligopoli : perluasan dari pasar monopoli, penjual dan pembeli sedikit, harga dan jumlah barang yang diproduksi atau dijual ditentukan oleh penjual yang sedikit secara bersaing.
• Pasar Persaingan Monopolistik : bentuk campuran antara persaingan sempurna dengan monopoli, ada kebebasan penjual keluar masuk pasar, barang yang dijual tidak homogen, tapi dimiliki oleh beberapa penjual saja।
• Pasar Konsumen : pasar barang dan jasa yang dibeli atau disewa oleh perorangan untuk keperluan pribadi
• Pasar Industri : pasar barang dan jasa yang dibeli atau disewa oleh perorangan atau organisasi untuk digunakan pada produksi barang dan jasa lain, baik untuk dijual maupun untuk disewakan.
• Pasar Penjual Kembali (Reseller) : pasar yang terdiri dari perorangan dan/atau organisasi (pedagang menengah = dealer, distributor, grossier, agent, dan retailer).
• Pasar Pemerintah : pasar yang terdiri dari unit-unit pemerintah yang membeli dan menyewa barang atau jasa untuk keperluan pemerintah.
Mengukur Pasar Saat ini
- Mengukur Permintaan Pasar Saat Ini
- Total Permintaan Pasar
- Wilayah Permintaan Pasar
- Penjualan Aktual & Pangsa Pasar (Market Share)
- Meramal Permintaan Mendatang
- Survei Niat Pembeli
- Pendapat Wiraniaga
- Pendapat Para Ahli
- Analisis Regresi
- Analisis Trend
- Analisis Rantai Markov
Segmentasi, Targeting and Positioning
- Segmentasi Pasar : didasarkan pada aspek geografis, demografis, psikografis, dan perilaku.
- Target Pasar : memilih segmen pasar yang dapat dijadikan target pasar (menarik dan prospektif).
- Positioning : memilih posisi dalam segmen pasar yang dipilih dengan melakukan identifikasi keunggulan kompetitif, memilih keunggulan kompetitif, mewujudkan dan mengkomunikasikan posisi.
Sikap, Prilaku dan Kepuasan Konsumen
- Sikap Konsumen
- Karakteristik Sikap
- Sumber Sikap
- Fungsi Sikap
- Komponen Sikap
- Perilaku Konsumen
- Perilaku kasat mata : jumlah & waktu pembelian, karena siapa dan dengan siapa, bagaimana melakukan pembelian.
- Perilaku tidak kasat mata : persepsi, ingatan terhadap informasi, dan perasaan kepemilikan oleh konsumen
- Kepuasan Konsumen
Manajemen Pemasaran
· Analisis Persaingan
- Mengidentifikasi Pessaing
- Menentukan Sasaran Pesaing
- Mengidentifikasi Strategi Pesaing
- Menilai Kekuatan dan Kelemahan Pesaing
- Mengestimasi Pola Reaksi Pesaing
- Memilih Pesaing
· Bauran Pemasaran Produk Barang
- Kebijakan Produk (product)
- Kebijakan Harga (price)
- Kebijakan Distribusi (place)
- Kebijakan Promosi (promotion)
· Bauran Pemasaran Produk Jasa : selain 4 P yang ada ditambah lagi 3 elemen yaitu orang (people), bukti fisik (physical evidence) dan proses jasa itu sendiri (process).
terima kasih. materiax terlalu singkat.
BalasHapus